Senin, 21 Desember 2009

Tugas Perilaku Konsumen 2

Nama : Martinus
Npm : 10207697

1. Soal
Definisi masalah-masalah iklan dihadapan mu dan prespektif apa dan perusahaan periklanan?
Jawab :
Iklan produk kendaraan sepedah motor Yamaha MIO dengan Honda Vario
Devinisi masalah pada iklan produk Yamaha Mio adalah menjatuhkan promosi atau kekurangan dari saingannya, yaitu Honda Vario. Yamaha Mio terkenal akan seloganya “ Yahama Selalu Terdepan” tetapi tidak membuktikan diri dalam pasar produksinya. Teknologi yang digunakan dalam Yamaha Mio pun tidak ada perubahan dari sebelumnya atau produksi MIO yang pertama kali keluar, dalam dapar pacuan mesin, hanya melakukan perubahan pada body-bodynya saja. Dengan tidak memperhatikan sisi keamanan dari sipengandaranya. Penggunaaan bahan pelastik pada tempat duduk, dimana mudah sekali rusak.
Sedangkan iklan Honda Vario lebih terkenal akan selogan Honda yang sudah ada sejak dulu yaitu “ HONDA yang teririt” Iklan Honda vario lebih menonjolkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh sepedah motor matic lainnya. Dan sejarah Honda yang dari dulu terkenal akan keiritannya dan lebih mengutamakan keamanan dari si pengendaranya. Tetapi dalam kasus Honda Vario banyak keluhan juga dari konsumennya akan keluhan pada system pengereman motor tersebut. Sempat terdengar isu bahwa munculnya pertama kali Honda vario di tarik dari pasaran karma produksi yg salah pada sisitem pengeremham roda belakang yang sering macet atau mengalami kendala pada saat pengereman.

2. Soal
Konsep prilaku consumen apa yang ada pada iklan ini yang menyangkut masalah motivasi dan efeksi konsumen?
Jawab:
Konsep prilaku konsumen yang ada pada iklan ini adalah mengajak konsumen agar membeli produk Yamaha MIO,karena dalam iklan-iklan Yamaha selalu menjatuhkan saingannya secara buka-bukaan agar tidak membeli produk Honda Vario yang pada intinya kedua produk tersebut memiliki keunggulan masing-masing di setiap produknya. Tinggal konsumen yang lebih teliti dan sesuai dengan keinginan dari si konsumen yang memerlukan produk tersebut.
Dengan iklan-iklan yang muncul tersebut para produsen berharap agar para konsumen tertarik akan produk yang dijualnya dan membeli produk tersebut hingga target dipasaran akan meningkat. Tidak lagi senggol-sengolan siku dalam hal promosi, tetapi sudah terjadi adu jotos antara kedua Produk tersebut.

3. Soal
Implikasi etika apa jika ada dari iklan dihadapanmu?
Jawab:
Implikasi etika iklan bila ada dihadapan saya, saya akan lebih percaya, bila melihat dan merasakan langsung kedua produk tersebut dari pada menaruh kepercayaan pada iklan, karena dalam iklan produk-produk tersebut kadang-kadang kualitasnya berbeda dengan yang ada dilapangan atau pasar. Terakadang iklan lebih dibuat-buat dan terkadang diluar logika dalam memperkenalkan produknya. Jadi semua itu keputusan dari konsumennya tersebut yang harus lebih teliti akan suatu produk yang akan dibelinya, dan tingkat efisiensi akan suatu produk memegang peran yang sangat penting.Terkadang Yamaha dalam membuat iklan sering sekali menjatuhkan lawan persaingannya secara buka-bukaan didepan para konsumennya.Dan terkadang pula Honda sering juga saling menjatuhnya lawan pesaingnya secara buka-bukaan juga.
Memang Yamaha dan Honda ada kedua produk leader dalam kendaraan sepedah motor. Sehingga produk lain pun agak susah bersaingan dengan kedua produk tersebut.

Sumber : Iklan Televisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar