Selasa, 30 Maret 2010

Jangan Harap Keluar Hidup-Hidup



Danau ubur-ubur di danau lauit ini mencapai jutaan, luar biasa banyak, dengan warna-warna yang indah sehingga bisa dilihat dengan mudah karena beningnnya air danau. Tapi hati-hatilah! Danau tempat bermukim puluhan juta ubur-ubur ini konon sangat beracun khususnya buat para penyelam

Karenanya sangat dilarang bagi pengunjung yang ingin menyelam pada kedalaman 5 meter atau lebih, tanpa memakai peralatan selam. Anda bisa tak keluar hidup-hidup jika melanggar pantangan ini. Sebab, terdapat konsentrasi racun yang sangat tinggi terutama pada kedalaman 5 meter lebih, karena danau ini selama jutaan tahun menjadi tempat ubur-ubur berevolusi.

Danau ubur-ubur lokasinya relative terpencil yajni pulau Eli Malk yakni bagia dari kepulauan Rock, pulau yang sebagian besar areanya terdiri dari batu-batuan di selatan Lagoon, antara Koror dan Peleliu. Pulau ini nyaris tak berpenghuni. Dikawasan kepulauan Rock Eli Malk terdapat sekitar 70 danau air laut, namaun yang paling terkenal adalah danau ubur-ubur yang nama sebenarnya Ongeim’l Tketau atau pulaua.

Para nelayan dunia sangat suka mengunjungi danau ini karena pemandangan indah dasar danau.Sebab untuk melihat ubur-ubur berlalu lalang, anda tak perlu harus menyelam sedalam-dalamnya. Cukup masukan saja kepala anda dalam air, buka mata, maka pemandangan luar biasa sudah bisa anda nikmati. Nah buat yang belum puasa dan ingin mendapat lebih banyak lagi hal menakjubkan, harus membenamkan diri lebih dalam kedasar danau, kalau perlu. Tapi ingat gunakan scuba diving!

Konon, danau ubur-ubur pada dasarnya tersambung dengan laut lewat retakan dan terowongan di dinding danau. Itulah yang menjadi jalan bagi ubur-ubur lain masuk ke danau itu.

Buat yang tak ingin menyelam, cukup puas, dengan hanya memandang permukaan air danau dimana ubur-ubur emas setiap saat menampakan diri naik ke permukaan danau.

Keunikan lain dari ubur-ubur di danau itu adalah spesianya berbeda dengan ubur-ubur yang berada di dekat laguna. Mungkin karena ubur-ubur didanau telah berevolusi sehingga tampilan mereka berbeda dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar